Rabu, 06 Juni 2012

Rangkuman Permintaan dan penawaran



PERMINTAAN


A. Pengertian Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang ingin dibeli konsumen pada berbagai tingkat harga pada waktu dan tempat tertentu. Permintaan dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
1. Permintaan Potensial (Potensial Demand) adalah permintaan yang tidak disertai dengan daya   beli atau kemampuan membeli.    
2. Permintaan Efektif (Effective Demand) adalah permintaan disertai dengan membeli atau dayabeli.
3. Permintaan Absolute (Absolute Demand) adalah jumlah seluruh permintaan terhadap barang           atau jasa, baik yang disertai dengan daya beli maupun tidak disertai daya beli.
B. Hukum Permintaan
Hukum Permintaan menyatakan bahwa apabila jumlah barang atau jasa yang diminta akan      bertambah. Jika harga turun dan akan berkurang jika harga naik pada periode tertentu.
C. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan     
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan antara lain :
  • HARGA BARANG ITU SENDIRI
    Hukum permintaan menyatakan bahwa setiap perubahan harga akan mempengaruhi jumlah permintaan masyarakat. Jika harga barang naik, maka jumlah permintaan akan turun dan begitupun sebaliknya.
  • INTENSITAS KEBUTUHAN
    Mendesak atau tidaknya kebutuhan seseorang terhadap barang atau jasa yang diinginkan akan mempengaruhi permintaan.
  • PERUBAHAN PERADABANSemakin maju tingkat peradaban manusia, semakin banyak permintaan atau barang-barang atau jasa baru yang sifatnya lebih praktis.
  • PERTAMBAHAN PENDUDUKPertambahan penduduk pasti akan menambahkan jumlah permintaan karena kebutuhan yang biasanya hanya untuk beberapa penduduk tadi ditambah beberapa orang.
  • PERUBAHAN SEKRA KONSUMENSelera masyarakat terhadap sesuatu barang yang berkaitan dengan model. Barang yang sudah ketinggalan model (Out Of Date) jumlah permintaan terhadap barang tersebut akan berkurang. Sebaliknya, terhadap barang yang berhubungan (Subsitusi) akan bertambah, demikian pula sebaliknya.
D. Kurva Permintaan
Kurva Permintaan adalah kurva yang menunjukkan hubungan antar harga barang dengan jumlah 
barang yang diminta.


E. Pergeseran Kurva Permintaan    
Kurva permintaan dibuat dengan menarik dari kiri kekanan bawah. Pergeseran kurva permintaan
terjadi oleh karena perubahan faktor-faktor selain harga barang itu sendiri. Pada permintaan,
faktor-faktor tersebut adalah selera, pendapatekspresi atau harapan consumen .



PENAWARAN

A. Pengertian Penawaran    
Penwaran merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penjual atau produsen. Penawaran     dapat diartikan sebagai jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual.

B. Hukum Penawaran    
Jumalah barang yang ditawarkan akan meningkat apabila harga naik, dan akan berkurang jika harga turun, atau perubahan penawaran berbanding lurus dengan perubahan harga.

C. Faktor-faktoryang mempengaruhi   
 faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi keputusan jumlah produksi dan penawaran..
  • HARGA
    Kuantitas barang yang ditawarkan menjadi nol. Inilah yang dinamakan sebagai 
  • HUKUM PENAWARAN (The Low Of Supply).
    Dengan mengasumsikan bahwa hal lainnya tetap, kuantitas barang yang ditawarkan akan meningkat bila harga naik. Bila harga naik turun, maka kuantitas barang yang ditawarkan akan turun juga.
  • TEKNIK PRODUKSI
    Semakin maju alat yang digunakan untuk memproduksi barang. Maka akan semakin cepat juga proses produksinya dan semakin banyak produk yang dihasilkan.
  • HARGA SUMBER PRODUKSI
    Untuk membuat suatu produk, produsen membutuhkan bahan baku.
  • PERKIRAAN
    Jumlah barang yang ditawarkan produsen pada saat ini juga dapat dipengaruhi oleh perkiraan untuk masa depan.
D. Kurva Penawaran    
Hukum penawaran menyatakan bahwa bila harga naik, jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik. Sementara bila harga turun. Jumlah harga barang yang ditawarkan juga akan turun. Dari bentuk kurva penawaran positif. Artinya, kurva ini bergerak dari kiri ke bawah, kekanan keatas. Apabila kurva penawaran dua individu atau lebih digabungkan maka kita akn mendapatkan penwaran pasar (Market Supply)

E. Penggeseran Kurva Penawaran     
Apabila faktor-faktor penentu penawaran berubah, kecuali harga, maka ini akan menyebabkan kurva penawaran bergesar. Setiap perubahan yang menyebabkan meningkatnya penawaran, akan menggeser kurva penawaran kekanan, sebaliknya. Setiap perubahan yang menyebabkan jumlah penawaran menurun, akan menggeser kurva penawaran kekiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar